You are currently viewing Prinsip Kerja Sistem Transmisi Volvo Truck FH 16
image by volvo truck product

Prinsip Kerja Sistem Transmisi Volvo Truck FH 16

Volvo Truck FH 16 adalah salah satu truk kelas berat paling populer di dunia. Truk ini dikenal dengan performanya yang tangguh dan efisien. Salah satu faktor yang berkontribusi pada performa tersebut adalah sistem transmisinya yang canggih.

Volvo FH 16 tersedia dengan dua pilihan sistem transmisi, yaitu manual dan otomatis. Transmisi manualnya memiliki 14 percepatan, sedangkan transmisi otomatisnya memiliki 12 percepatan.

Transmisi Manual

Transmisi manual Volvo FH 16 menggunakan sistem mechanical shift. Sistem ini menggunakan tuas persneling untuk memindahkan gigi. Tuas persneling terletak di dekat kemudi truk.

Transmisi manual Volvo FH 16 memiliki 14 percepatan, yang terdiri dari 10 percepatan maju dan 4 percepatan mundur. Percepatan majunya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu range gear dan speed gear.

Range gear terdiri dari tiga percepatan, yaitu low range, medium range, dan high range. Speed gear terdiri dari tujuh percepatan, yaitu 1st gear, 2nd gear, 3rd gear, 4th gear, 5th gear, 6th gear, dan 7th gear.

Untuk memindahkan gigi, pengemudi harus menarik tuas persneling ke arah yang sesuai. Untuk memindahkan gigi ke atas, pengemudi harus menarik tuas persneling ke arah depan. Untuk memindahkan gigi ke bawah, pengemudi harus menarik tuas persneling ke arah belakang.

Transmisi manual dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan, seperti:

– Over-speed protection: Fitur ini mencegah pengemudi untuk memindahkan gigi ke atas saat kecepatan truk melebihi batas yang aman.
– Reverse lockout: Fitur ini mencegah pengemudi untuk memindahkan gigi ke mundur saat truk sedang bergerak maju.
– Clutch interlock: Fitur ini mencegah pengemudi untuk menyalakan mesin saat kopling belum ditekan.

Baca Juga :  Fungsi Dan Macam Tipe Front Axle

Transmisi Otomatis FH 16

Transmisi otomatis Volvo FH 16 menggunakan sistem electronic shift. Sistem ini menggunakan komputer untuk mengontrol perpindahan gigi.

Transmisi otomatis Volvo FH 16 memiliki 12 percepatan, yang terdiri dari 10 percepatan maju dan 2 percepatan mundur. Percepatan majunya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu range gear dan speed gear.

Range gear terdiri dari dua percepatan, yaitu low range dan high range. Speed gear terdiri dari sepuluh percepatan, yaitu 1st gear, 2nd gear, 3rd gear, 4th gear, 5th gear, 6th gear, 7th gear, 8th gear, 9th gear, dan 10th gear.

Perpindahan gigi pada transmisi otomatis Volvo FH 16 dilakukan secara otomatis oleh komputer. Komputer akan menganalisis berbagai faktor, seperti kecepatan truk, beban, dan kondisi jalan, untuk menentukan gigi yang tepat.

Transmisi otomatis dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan, seperti:

– Over-speed protection: Fitur ini mencegah pengemudi untuk memindahkan gigi ke atas saat kecepatan truk melebihi batas yang aman.
– Reverse lockout: Fitur ini mencegah pengemudi untuk memindahkan gigi ke mundur saat truk sedang bergerak maju.
– Clutch interlock: Fitur ini mencegah pengemudi untuk menyalakan mesin saat kopling belum ditekan.

Fitur-Fitur Tambahan

Selain fitur-fitur keselamatan yang disebutkan di atas, transmisi Volvo FH 16 juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, seperti:

– Overdrive: Fitur ini memungkinkan truk untuk melaju dengan kecepatan tinggi dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.
– Downshift protection: Fitur ini mencegah pengemudi untuk memindahkan gigi ke bawah saat kecepatan truk terlalu rendah.
– Manual mode: Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk mengontrol perpindahan gigi secara manual.