Lompat ke konten

Prinsip Kerja Komatsu Tracking System

komatsu tracking system pada excavator

Komatsu Tracking System (Komtrax) adalah sistem pelacakan unit alat berat yang kuat dan handal yang dikeluarkan oleh Komatsu Ltd. Sistem ini memungkinkan perusahaan dan pemilik unit alat berat untuk memantau lokasi, performa, dan kondisi unit mereka dari jarak jauh. Sistem ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat tentang kinerja unit, tingkat produktivitas, dan kondisi mesin.

Cara kerja Komatsu Tracking System ini menggunakan teknologi radio frekuensi (RF) untuk mengirim data dari unit alat berat ke pusat data Komatsu. Data ini kemudian dapat diakses melalui situs web Komatsu.

Situs web ini memungkinkan pelanggan atau pemilik untuk memantau kinerja unit mereka, tingkat produktivitas, dan kondisi mesinnya. Data ini dapat membantu pelanggan untuk mengidentifikasi gejala kerusakan sebelum mereka menjadi lebih parah, sehingga dapat menghemat biaya perbaikan dan memastikan machine availability unit tetap terjaga.

Untuk mengingatkan pemilik unit alat berat tentang pemeliharaan, Komtrax dapat mengirimkan pemberitahuan ke pemilik unit melalui SMS, email, atau aplikasi. Pemberitahuan ini dapat mengingatkan pemilik unit tentang pemeliharaan yang perlu dilakukan, seperti tingkat emisi gas buang, penggantian oli mesin, atau pemeriksaan berkala.

Sistem Komtrax ini juga dapat menghasilkan laporan yang dapat membantu pelanggan membuat keputusan berdasarkan informasi terkini tentang kondisi mesin. Dengan Laporan yang di dapat dari Komtrax ini, pelanggan dapat dengan cepat dalam mengambil keputusan tentang kapan harus melakukan pemeliharaan, sehingga dapat mengidentifikasi masalah kerusakan yang mungkin terjadi. Dan efek positifnya juga pelanggan otomatis dapat menghemat biaya operasional unit.

Dari segi keamanan, Komtrax juga dapat membantu pemilik unit mengontrol akses ke kendaraan. Ini memungkinkan pemilik kendaraan untuk membatasi jumlah orang yang dapat mengakses kendaraan, membatasi lokasi kendaraan, dan melacak lokasi kendaraan saat ini.

Baca Juga :  Aliran Refrigerant Pada Siklus Pendingin