You are currently viewing Perbedaan Physical Availability dan Mechanical Availability
gambar by canva

Perbedaan Physical Availability dan Mechanical Availability

Manajemen alat adalah suatu proses yang bertujuan untuk memastikan bahwa alat-alat yang digunakan dalam suatu proses produksi atau operasi dapat beroperasi secara optimal dan efisien. Dalam manajemen alat, terdapat dua indikator penting yang sering digunakan untuk mengukur kinerja alat, yaitu physical availability (PA) dan mechanical availability (MA).

Physical availability adalah indikator yang menunjukkan persentase ketersediaan suatu alat untuk beroperasi dengan memperhitungkan kehilangan waktu yang dikarenakan selain sebab mekanis, misalnya hujan, jalan rusak, istirahat, dll.

Mechanical availability adalah indikator yang menunjukkan persentase suatu alat untuk beroperasi dengan memperhitungkan kehilangan waktu sebab-sebab mekanis, misalnya repair, perawatan, perbaikan, dll.

Perbedaan PA dan MA

Perbedaan utama antara PA dan MA adalah pada faktor-faktor yang diperhitungkan dalam menghitung kedua indikator tersebut. PA memperhitungkan semua faktor yang menyebabkan alat tidak dapat beroperasi, termasuk faktor-faktor non-mekanis. Sementara itu, MA hanya memperhitungkan faktor-faktor mekanis yang menyebabkan alat tidak dapat beroperasi.

Secara umum, PA lebih tinggi daripada MA. Hal ini dikarenakan MA hanya memperhitungkan faktor-faktor mekanis yang menyebabkan alat tidak dapat beroperasi, sedangkan PA memperhitungkan semua faktor yang menyebabkan alat tidak dapat beroperasi.

Pentingnya PA dan MA dalam Manajemen Alat

PA dan MA merupakan indikator penting yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja alat. PA menunjukkan seberapa efektif alat dapat digunakan, sedangkan MA menunjukkan seberapa baik alat dirawat.

Peningkatan PA dan MA dapat memberikan manfaat bagi perusahaan, antara lain:

Tips untuk Meningkatkan PA dan MA

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan PA dan MA, antara lain:

  • Melakukan perencanaan dan penjadwalan perawatan alat yang tepat
  • Menggunakan suku cadang berkualitas
  • Melatih operator alat dengan baik
  • Meningkatkan kesadaran keselamatan kerja
Baca Juga :  Meningkatkan Efisiensi Dan Kapasitas Produksi Wheel Loader

Intinya, dengan meningkatkan PA dan MA, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.