Lompat ke konten

Menghitung Economic Order Quantity

rumus menghitung economic order quantity

Economic Order Quantity (EOQ) adalah salah satu konsep dasar manajemen persediaan yang digunakan untuk menghitung jumlah pesanan yang optimal untuk digunakan dalam mengelola persediaan. Tujuannya adalah mengatur jumlah stok supaya biaya yang dikeluarkan perusahaan menjadi seefisien mungkin dan persediaan stok inventory tetap stabil.

Bagaimana cara menghitung Economic Order Quantity?

1. Hitung biaya pesanan. Biaya pesanan adalah biaya yang dibebankan untuk setiap pesanan. Ini biasanya merupakan biaya administrasi, biaya pengiriman, biaya pemesanan, dan biaya lainnya.

2. Hitung permintaan rata-rata. Permintaan rata-rata adalah jumlah rata-rata unit yang dipesan pada satu waktu.

3. Hitung biaya penyimpanan per unit. Biaya penyimpanan per unit adalah biaya yang dibebankan untuk menyimpan produk. Ini termasuk biaya sewa, listrik, dan lainnya.

4. Hitung EOQ. Gunakan rumus di bawah untuk menghitung EOQ.

rumus menghitung economic order quantity

Sebagai contoh, saya berjualan frozen food secara online. Tahun lalu permintaan akan frozen food saya mencapai 100.000 paket. Sedangkan biaya pemesanan rata-rata adalah Rp. 5.000/ paket frozen food. Dan biaya penyimpanan paket frozen foodnya adalah Rp. 20.000/ tahun. Maka perhitungan EOQ nya adalah :

EOQ = √ {(2 x 100.000 x Rp. 5000) / Rp. 20.000}
= √ {5000}
= 223 paket frozen food

Apa manfaat kita menghitung Economic Order Quantity?

1. Mengurangi biaya persediaan dan pengiriman. Dengan menggunakan EOQ, manajer dapat mengurangi biaya persediaan dan pengiriman dengan meminimalkan jumlah pesanan dan mengurangi biaya penyimpanan dengan membeli lebih banyak dalam setiap pesanan.

2. Mengurangi risiko kekurangan persediaan. Dengan menggunakan EOQ, manajer dapat mengurangi risiko kekurangan persediaan dengan memastikan bahwa persediaan tidak akan habis sebelum pesanan berikutnya tiba.

3. Meningkatkan efisiensi. Dengan menggunakan EOQ, manajer dapat menghindari pembelian berlebihan dengan memastikan bahwa persediaan yang tersedia cukup untuk memenuhi permintaan.

Baca Juga :  3 Tipe Kejenuhan Dan Cara mengatasinya

4. Meningkatkan fleksibilitas. Dengan menggunakan EOQ, manajer dapat menyesuaikan jumlah pesanan dan biaya penyimpanan sesuai dengan perubahan permintaan pasar. Hal ini memungkinkan manajer untuk meminimalkan biaya persediaan dan pengiriman sesuai dengan situasi pasar.

5. Meningkatkan kualitas produk. EOQ memungkinkan manajer untuk membeli bahan baku dengan kualitas yang lebih tinggi sehingga memastikan bahwa produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

source :

  1. Coach Bembi
  2. EOQ literatur