Lompat ke konten

8 Karakter Kepemimpinan Yang Efektif

8 karakter utama dalam kepemimpinan yang efektif

Apa itu Kepemimpinan?
Kepemimpinan yaitu kemampuan seseorang untuk memengaruhi perilaku orang lain. Kepemimpinan yang efektif menciptakan perubahan yang positif dengan menginspirasi dan memotivasi. Ia menciptakan lingkungan di mana rekan kerja menyukai pekerjaan mereka dan berusaha untuk tampil dengan kemampuan terbaik mereka.

Mengembangkan keterampilan kepemimpinan akan membantu Anda terlibat dan menginspirasi tim Anda untuk mencapai yang terbaik. Kepemimpinan sebagian besar merupakan keterampilan yang dipelajari. Meskipun beberapa orang memiliki kemampuan alami untuk menginspirasi orang lain, setiap orang dapat mengembangkan skill kepemimpinan dari waktu ke waktu. Faktanya, kebanyakan dari kita bisa menjadi pemimpin yang sangat efektif. Lalu apa ciri-ciri pemimpin yang efektif?

1. Visioner
Visi yang bagus dapat memberi kita arah dan tujuan. Itu menjadi alasan untuk menyingsingkan lengan baju dan melakukan pekerjaan yang menantang untuk menciptakan perubahan (semua peningkatan didorong oleh perubahan). Itu membuat pekerjaan kita lebih bermanfaat dan lebih menarik. Pemimpin yang hebat, ia harus dapat menciptakan visi dan mengkomunikasikan visi tersebut kepada tim.

2. Penuh semangat
Gairah dan antusiasme itu menular. Mereka menciptakan energi positif yang mendorong dan mendorong orang lain untuk mencapai ketinggian baru. Pemimpin besar harus bisa memanfaatkan setiap interaksi untuk menunjukkan semangat dan antusiasme untuk pekerjaan mereka.

3. Percaya diri
Orang secara alami tertarik pada kepercayaan diri. Kami ingin berbagi di dalamnya dan kami ingin menjadi bagian darinya. Kami menganggap orang yang percaya diri itu tahu apa yang mereka lakukan dan ke mana mereka pergi. Ini terutama penting pada saat ketidakpastian – ketika kepercayaan sangat tinggi langka. Pemimpin besar memproyeksikan aura yang percaya diri.

4. Konsisten
Konsistensi membangun kepercayaan dan rasa hormat, dan kita semua lebih suka mengikuti orang kita percaya (dan hormat). Gunakan visi Anda sebagai batu ujian untuk mendorong konsistensi dalam tindakan Anda. Pemimpin besar harus dapat diandalkan dan konsisten.

Baca Juga :  2 Cara Dalam Menentukan Budget Maintenance

5. Motivasi
Ketika Anda memotivasi orang lain, Anda secara langsung memengaruhi dan mempercepat mereka, tingkat di mana visi diubah menjadi kenyataan. Orang-orang termotivasi ketika mereka merasa tertantang dan didukung saat menyelesaikan pekerjaan yang berharga. Ketahuilah bahwa motivasi yang paling efektif adalah individual dan gaya Anda harus disesuaikan dengan individu. Pemimpin besar memotivasi individu untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka.

6. Pengambil Keputusan
Menjadi tegas mengubah kepercayaan diri (tahu apa yang harus dilakukan) menjadi kemajuan (lakukanlah). Untuk setiap keputusan – minta saran, tinjau fakta, buat pilihan, dan tetap dengan itu. Pengambilan keputusan yang tepat waktu, rasional dan logis adalah sifat kunci untuk membangun kepercayaan pada kemampuan pemimpin. Para pemimpin besar menyadari bahwa terkadang keputusan terburuk adalah tidak ada keputusan.

7. Berorientasi pada hasil
Orang berkembang karena kemajuan. Ini mengasyikkan. Salah satu cara terbaik untuk membangun momentum adalah menunjukkan hasil, dan salah satu cara terbaik untuk konsisten menunjukkan hasil adalah bekerja dalam siklus pendek dengan sering “pengiriman”. Fokus pada langkah selanjutnya yang akan membantu Anda mencapai visi Anda. Pemimpin hebat menyelesaikan banyak hal.

8. Rendah hati
Kerendahan hati adalah karakteristik yang sangat menarik. Ini membantu membuat pemimpin mudah didekati dan disukai, dan memberi mereka ruang untuk sesekali kesalahan. Pemimpin besar berbagi kredit (meninggalkan bagian terkecil untuk diri mereka sendiri) dan mengambil lebih dari tanggung jawab terhadap suatu kesalahan.

Baca Juga :  Tips Menjawab Pertanyaan Angka Gaji Yang Diharapkan