Lompat ke konten

4 Langkah Mempercantik Profil Linkedin Anda

mempercantik profil linkedin

Profil LinkedIn saat ini sudah bisa dikatakan CV seseorang. Nah sayangnya, orang lain baru tau siapa kita, yaitu pendidikan, pengalaman dsb kita setelah mengunjungi profil kita. Jika tidak, orang lain hanya melihat sebatas Nama dan Deskripsi mengenai kita = hanya 2 baris. Dua baris inilah yang menjadi ‘iklan diri’ rekan2 ketika mengundang orang baru untuk menjadi koneksi dan di saat rekan2 berkomentar di suatu postingan.

Beberapa rekruiter sangat memperhatikan tentang profil linkedin seseorang. Hal ini juga mempermudah para rekruiter untuk melakukan pencarian kandidat talent yang mereka cari.

Berikut ini sedikit tips yang dari pakar rekruiter Linkedin, Ibu Afra Adzani, Beliau menyebutnya “Keep It S-P-E-E-D.”

S : Simple – tidak usah bertele2, dengan penjelasan di satu barisan bawah, orang lain bisa mengerti siapa rekan2

P : Professional – lain dengan IG dan FB, Linkedin untuk keperluan pekerjaan/profesi jadi sebaiknya tetap profesional, tidak puitis

E : Elegant – buatlah profil yang rapi dan anggun, mengindahkan penulisan dengan tata bahasa yang baik dan benar (saya juga masih belajar).

E : Enthusiastic – buatlah kata2 di profil yang menunjukkan antusiasme rekan2, jangan menulis “belum memiliki pengalaman kerja” atau bahkan hanya tanda minus (-)

D : Descriptive – tulis posisi yang rekan2 harapkan/pengalaman sebagai apa (saya lebih suka ada tulisan berapa tahun bagi yg sudah pengalaman).

Untuk rekan2 Fresh Greduated, contoh:
Administration/Accounting Staff | Bachelor’s degree in Accounting | Univ. Padjadjaran

Untuk rekan2 yang berpengalaman, contoh:
HRGA Manager | 20 years exp. | Automotive Parts Manufacturing 3k employees

Jika ingin menuliskan motto, bisa rekan2 tulis di kolom “About”. Bagi saya tidak masalah jika ingin menulisnya, supaya tahu apa yang memotivasi rekan2 jobseeker.

Baca Juga :  Tips Menjawab Pertanyaan Angka Gaji Yang Diharapkan

Saat ini di LI sudah bisa memasang logo OpenToWork, jadi saya pikir untuk jobseeker/open for new opportunity dan semacamnya bisa diganti dengan poin-poin penting mengenai diri rekan2.

Ini sekedar saran dari saya, belum tentu recruiter lain setuju. Jika ada yang mau ditambahkan untuk kebaikan bersama terutama jobseeker,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *