Tips Menjawab Pertanyaan Angka Gaji Yang Diharapkan

Dalam proses interview, biasanya seorang HRD akan menanyakan tentang angka gaji yang diharapkan oleh seorang kandidat. Lalu, Jika pertanyaan ini muncul ditahap awal proses seleksi, (misalnya di form aplikasi lamaran yang diberikan pada tahap awal), Anda bisa menjawabnya to be discussed atau misalnya minimal lebih besar 20% dari gaji saat ini (sebutkan gaji terakhir Anda, jika tidak ada pertanyaan mengenai gaji terakhir di form tersebut).

Mengapa to be discussed? Karena dalam banyak proses seleksi, pada tahap awal kita belum tahu dengan jelas, job responsibility yang akan kita emban, apa yang perusahaan harapkan dari diri kita, benefit dan fasilitas apa saja yang akan kita terima dan lain sebagainya.

Mengapa bisa juga menyebutkan “minimal sekian persen dari gaji saat ini”
Supaya tidak menghabiskan waktu kita untuk proses seleksi.
Jangan sampai sudah mengikuti proses seleksi panjang dan lama, akhirnya gagal karena yang ditawarkan di bawah gaji saat ini.

Bolehkah tidak menyebutkan gaji saat ini, tapi menyebutkan saja angka minimal gaji yang diharapkan? Boleh saja, jika kita cukup yakin dengan kualifikasi kita, dan ‘penampilan kita di atas kertas’.

Jujur Dan Detailkan Angka Gaji Anda Saat Ini

Kenapa harus jujur?

1. Banyak perusahaan yg akan langsung drop aplikasi kita, saat mereka melihat angka gaji yg dicantumkan diatas range salary mereka, atau jika mereka merasa kualifikasi kita tdk balance dgn gaji yg kita cantumkan

Alangkah sayangnya jika itu terjadi krn kebohongan kita.

2. Semakin tinggi gaji, semakin tinggi juga harapan management pada kita
Masuk ke pekerjaan baru, berarti beradaptasi dgn lingkungan yg baru, jgn buat proses adaptasi kita jadi lebih berat krn besarnya tuntutan pekerjaan yg kita hadapi

Baca Juga :  6 Tips Menghindarkan Diri Menjadi Tukang Komplain

Apalagi jika tuntutan itu muncul akibat kebohongan kita sendiri

3. Sekali ketahuan berbohong (apalagi soal angka), selamanya akan sulit dipercaya. Akan butuh waktu yang lama, untuk memulihkan kepercayaan Management dan HRD kepada kita. Lebih baik kita tidak melakukannya

Bagaimana kalau karena jujur, perusahaan offer kita sangat murah, padahal perusahaan punya range gaji jauh di atasnya?
Apakah karena takut dibohongi, maka kita boleh membohongi orang?

Saran saya, jika kita memang merasa gaji kita selama ini terlalu kecil, naikkanlah besaran angka di angka gaji yg diharapkan, bukan berbohong, mengupgrade data gaji yg sekarang.

sumber : disarikan dari artikel Milka Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *