Struktur Dan Fungsi Timing Gear Case

Timing Gear

• Struktur dan Fungsi
Fungsi dari Gear timing dapat diartikan sebagai gigi penghubung untuk mentransfer putaran crankshaft ke perlengkapan engine yang membutuhkan tenaga putar. Jumlah gigi dan susunannya bergantung pada model engine. Terdiri dari gigi penggerak yang berputar bersama crankshaft lewat perantara idler gear. Komponen utama gear adalah cam gear, injection pump gear, accesory gear ( cummins ), oil pump driving gear, balancer shaft gear dan crank pulley gear.

• Timing Mark
Posisi Timing gear dan posisi injection pump driving gear menentukan valve timing dan injection timing. Untuk memudahkan sudut crankshaft diset pada posisi piston top dan crankshaft gear, idler gear dan gigi penggerak lainnya tandanya (timing marks) disesuaikan. Saat pemasangan gear harus memperhatikan valve timing, injection timing dan balance shaft jika tidak tepat dapat menyebabkan masalah pada engine dan performa menjadi tidak maksimal.

Putaran pada timing :
• Cam gear …………………½ x putaran engine
• Injection pump ……………½ x putaran engine
• Balancer shaft …………… 2 x putaran engine
• Gigi penggerak lain tergantung kebutuhan

PTO gear

• Struktur dan Fungsi dari PTO Gear
Fungsi dari PTO ( power take off ) gear digunakan untuk menggerakkan perlengkapan tambahan atau peralatan kerja. Unit PTO gear ditempatkan di dalam flywheel housing di bagian belakang engine, putaran crankshaft gear dipindahkan melalui idler gear ke drive gear PTO. Komponen utama PTO adalah hydraulic pump, steering pump dan transmission pump. Pengambilan tenaga putar dari engine secara langsung untuk menggerakkan perlengkapan kerja unit disebut RPCU (Rear mounted Power Control Unit).

timing gear case

• Lubricating PTO Gear
Pelumasan PTO gear berasal dari transmission atau torque converter circuit yang dialirkan melalui pipa ke bagian atas flywheel housing dan kemudian dibagi ke masing–masing PTO gear melalui pipapipa kecil. Saat melakukan testing engine tanpa pelumasan sebaiknya PTO system dilepas atau melepas PTO idler gear.

Baca Juga :  Sistem Keluar Masuk Udara Pada Engine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *