Sistem Keluar Masuk Udara Pada Engine

Sistem Keluar Masuk Udara Pada Engine merupakan salah satu sistem pada engine yang bertujuan untuk menyalurkan udara ke ruang bakar. Pada sistem ini ada beberapa komponen utama yang mendukung. Diantaranya adalah pre cleaner, air cleaner, intake dan exhaust manifold, dust indicator, turbocharge dan muffler.

Pre Cleaner dan Air Cleaner

Pre cleaner merupakan saringan udara awal dari lingkungan sekitar yang akan disalurkan ke air cleaner dan selanjutnya menuju ruang bakar. Air cleaner berfungsi sebagai alat pembersih udara, sehingga debu. dan kotoran dapat dipisahkan terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang bakar. Partikel yang disaring pada air cleaner ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan air cleaner. Kotoran, debu dan pasir yang ada di atmosfir merupakan substansi keras yang akan menyebabkan kerusakan pada silinder dan piston engine. Dimana debu keras tersebut terhisap bersama-sama dengan udara.

Konstruksi dalam pre cleaner

Dust Indicator

Dust indikator berfungsi untuk mengetahui kondisi air cleaner, apakah tersumbat atau tidak. Dust Indicator ini dipasangkan pada tempat-tempat yang mudah terlihat dari luar dan jika menunjuk tanda merah berarti air cleaner tersumbat.

Contoh dust indicator

Turbocharge

Turbucharge pada diesel engine digunakan untuk memenuhi kebutuhan engine akan udara yang masuk ke ruang bakar. Turbocharge ini akan mengirimkan udara yang lebih banyak untuk mendekati pembakaran yang ideal.

Bagian dalam turbocharge

Turbocharger mempunyai dua impeller yaitu turbin dan blower. Turbin impeller diputar oleh gas buang dengan kecepatan yang sangat tinggi. Pada ujung poros turbin ini dipasangkan blower impeller sehingga putaran blower impeller sama dengan putaran turbin impeller. Putaran blower akan

menghisap udara dari luar dengan kecepatan putar berkisar antara 50.000-150.000 rpm. Untuk
menahan putaran tinggi tersebut poros turbin di support oleh journal bearing dan thrust bearing. Pada rumah turbin dilengkapi dengan saluran oli untuk pelumasan. Bearing Seal ring dipasang untuk menghindari kebocoran oli ke sisi hisap maupun sisi turbin.

Baca Juga :  Sistem Pelumasan Sirkuit Compressor DM45

Muffler

Muffler merupakan saluran untuk melepas gas buang hasil pembakaran ke lingkungan luar. Selain itu, muffler berfungsi sebagai peredam suara, menghilangkan percikan api dan menurunkan temperatur gas buang. Muffler mempunyai beberapa tipe diantaranya adalah horizontal type, vertical type dan catalytic muffler. Dari tipe-tipe di atas hanya ada 2 type yang banyak digunakan yaitu horizontal type dan vertical type.

jenis-jenis muffler

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *