Fungsi Dan Cara Kerja Kondensor AC

KONDENSOR

Dalam sistem pendingin, berfungsi merubah gas refrigerant yang dipampatkan dengan temperatur dan tekanan tinggi menjadi cairan refrigerant. Ini dilakukan dengan meniupkan udara dari luar ke heat exchanger melalui kipas listrik.

cara kerja kondensor ac alat berat

Kondensor bekerja untuk mengambil refrigerant dengan temperatur dan tekanan tinggi yang telah dipampatkan di kompresor. Memaksanya untuk melepas panasnya dengan udara dari luar menggunakan kipas pendingin, dan untuk merubah gas refrigerant menjadi cairan refrigerant.

CARA KERJA KONDENSOR

Didalam kondensor jumlah panas yang diemisikan dari gas refrigerant tergantung pada jumlah panas yang diserap dari udara ruangan pada evaporator dan kerja untuk memampatkan gas didalam kompresor. Sesuai dengan ini, efek dari radiasi panas pada efek pendinginan ruangan adalah sebesar hembusan pendingin yang dihasilkan dua kipas pendingin khusus, dengan tambahan kipas pendingin untuk radiator mesin. Independent kondensor membantu mencegah engine overheat dan tidak berdampak pada performance engine.

Biasanya, pada kondensor akan terpasang sebuah kipas listrik yang berfungsi untuk membantu menurunkan temperatur kondensor. Kipas listrik kondensor dikontrol menjadi dua kecepatan dengan tekanan refrigerant pada sisi tekanan tinggi. Jika tekanan refrigerant pada sisi tekanan tinggi naik diatas 18 kg/cm², pressure switch akan ON dan arus listrik akan mengalir membuat motor kipas berputar dengan putaran tinggi.

Ketika tekanan refrigerant pada sisi tekanan tinggi turun dibawah 14 kg/cm², pressure switch akan OFF dan tahanan akan mengurangi tegangan untuk memperlambat putaran motor. Ini akan meningkatkan umur motor dan untuk menghindari penggunaan arus listrik yang tidak perlu.

MAGNETIC CLUTCH

Magnetic clutch adalah sebuah clutch dengan magnet. Clutch ini bekerja untuk menghentikan kompresor seperlunya ketika temperatur ruangan telah mencapai, melebihi atau dibawah temperatur yang dikehendaki ketika mesin sedang bekerja.

Baca Juga :  Struktur Dan Cara Kerja Receiver Dryer AC

kopling magnet ac

CARA KERJA
Rotor di set pada crankshaft kompresor. Ketika kompresor tidak bekerja, hanya pulley yang berputar. Ketika switch AC di ON- kan, arus listrik mengalir menuju coil yang terpasang pada stator, membuat stator menjadi magnet. Magnet
ini dengan kuat menarik rotor hub, menyebabkan kompresor untuk berputar bersama pulley.

Tinggalkan Balasan