Cara Mencari Topik Tulisan Yang Menarik

Bagaimana caranya mencari topik tulisan yang menarik?
Terkadang pertanyaan itu akan muncul ketika kita akan menulis suatu konten pada media sosial. Karena tentunya kita akan khawatir tentang apa yang kita tulis itu apakah menarik untuk dibaca orang lain atau tidak.

Kita tahu, Konten tulisan sangat erat kaitannya dengan karakter si penulis, mengapa demikian? Karena, apa yang ditulis seseorang, biasanya itulah yang menjadi buah pemikirannya. Contoh sederhana saja, jika ada seseorang menulis komentar yang bernada negatif, maka berarti yg ada di dalam pikiran si penulis itu juga sifat-sifat negatif. Begitu pula sebaliknya.

Salah satu ciri khas saya sebagai penulis adalah konten yang relatable untuk banyak orang. Berikut ini cara saya mencari topik untuk buku dan tulisan saya di media sosial (termasuk LinkedIn dan blog):

1. Banyak membaca buku. The more I read, the more I write;

2. Baca online news yang paling banyak comment-nya. Ini sangat membantu saya membaca sifat asli orang lain. Kenapa harus online comments? Karena banyak orang yang justru lebih jujur di online platforms;

3. Menjadi pendengar yang baik. Topik yang paling sering kita dengar dari orang-orang di sekitar kita kemungkinan besar juga relatable untuk pembaca pada umumnya; dan

4. Menjadi pengamat yang baik. Sering mengamati gerak-gerik dan pola berpikir orang lain dapat membantu kita menemukan sebab-akibat dari suatu fenomena. Makin banyak sampel yang kita miliki, makin mudah untuk menemukan benang merahnya.

Tulisan yang paling relatable sekalipun tetap tidak mungkin disetujui oleh semua orang. Namun menariknya, bisa jadi tulisan itu baru akan revelan untuk pembaca yang bersangkutan di masa yang akan datang. Saat hal yang sama menimpa mereka, mereka bisa kembali mengingat isi tulisan kita itu. It might not be useful today, but it can be useful tomorrow.

Baca Juga :  4 Tips SEO Untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *