Cara Kerja Dan Fungsi Swing Motor PC2000-8

swing motor pc2000-8

Swing motor berfungsi untuk memutar upper structure sebuah excavator, ketika lever swing digerakkan oleh operator. Berikut adalah spesifikasi swing motor PC2000-8 :

Specifications
Type : KMF230AB-5
Theoretical displacement : 229.4 cm3/rev
Safety valve set pressure : 27.9 MPa {290 kg/cm2}
Rated speed : 1,315 rpm
Brake release pressure : 1.9 MPa {19 kg/cm2}

Cara Kerja Swing Motor PC2000-8

1. When solenoid valve is de-energized

solenoid de-energize
Karena drive current tidak dialirkan ke swing brake solenoid valve, maka solenoid deenergized, Pressure oli dari self pressure reducing valve akan tertutup dan justru menghubungkan port B dengan tank circuit.

Akibatnya, brake piston (7) akan ditekan kebawah oleh brake spring (1), untuk menekan disc (5) and plate (6) agar engaged, dan brakepun bekerja.

2. When solenoid valve is energized

solenoid energize
Saat drive current dialirkan menuju ke swing brake solenoid valve, maka solenoid menjadi energized, untuk merubah arah aliran, pressure oli dari self pressure reducing valve dialirkan menuju ke port B dan masuk kedalam brake chamber a.

Pressurized oli dalam chamber a mampu menekan dan mengalahkan tension brake spring (1) dan menggerakkan brake piston (7) ke atas. Akibatnya, disc (5) dan plate (6) menjadi terpisah atau dis-engaged, so brakepun menjadi release dan motor bias berputar bebas.

Safety Valve, Check Valve dan Suction valve

Function
Saat swing anda hentikan, maka kedua inlet dan outlet port motor akan ditutup oleh control valve, tetapi gaya inertia pada upper structure akan terus berusaha memutar motor, so akan tejadi kenaikan pressure (abnormally high pressure) pada outlet side motor, yang dapat menyebabkan kerusakan pada motor.

Untuk mencegahnya, abnormally high pressure akan dibebaskan dari outlet port motor (high-pressure side) menuju port S, agar tidak terjadi suatu kerusakan.

Baca Juga :  Struktur Fungsi Dan Jenis Pompa Hidrolik

1) When starting swing

start to swing
Saat swing control lever anda gerakkan ke Rh swing, pressure oli dari pump akan lewat melalui control valve dan dialirkan menuju ke port MA. Dan pressure pada port MA akan naik, untuk menimbulkan starting torque pada motor, dan motor mulai berputar.

Sedangkan oli dari outlet port motor akan melalui port MB menuju ke control valve untuk kembali ke tank. (Fig. 1)

2) When stopping swing

swing stopped
Saat swing control lever anda kembalikan ke posisi neutral, supply pressure oli dari pump yang menuju ke port MA akan dihentikan. Karena return circuit yang menuju ke tank ditutup oleh control valve, pressure port MB akan naik karena gaya inertia pada upper structure, yang justru akan menimbulkan hambatan pada putaran motor, maka braking effect akan mulai terjadi.

Pressure port MB akan membuka shuttle valve A (4), so pressure chamber C
menjadi sama dengan pressure port MB. Pressure oli akan naik lebih tinggi agar mencapai set pressure safety valve (1), untuk menimbulkan high braking torque pada motor dan menghentikan putarannya. (Fig. 2)

Saat safety valve (1) bekerja, oli yang dibebaskannya dan oli dari port S akan lewat melalui check valve B (3), menuju ke port MA, untuk mencegah cavitation pada port MA.