Lompat ke konten

8 Faktor Penyebab Battery Mobil Anda Rusak

contoh bsttery rusak

Anda pernah mengalami battery mobil Anda cepat rusak?

Semua battery mempunyai umur tertentu, tetapi terdapat beberapa hal yang akan memperpendek umur battery diantaranya adalah :

1. Electrolyte level
Level electrolyte yang rendah akan merusak active material yang ada di dalam pelat battery dan menyebabkan pembentukan asam sulfat sehingga akan menurunkan rekasi kimia battery. Penyebab level yang rendah antara lain :
a. Rumah battery yang pecah
b. Perawatan yang jelek terutama tidak dilakukannya penambahan air pada saat dibutuhkan.
c. Terjadi overcharging pada battery sehingga penguapan meningkat yang pada akhirnya electrolyte akan berkurang.

Kapasitas air battery yang terlalu banyak juga tidak bagus karena akan mencairkan electrolyte(menurunkan berat jenis) dan suatu saat akan tumpah keluar melalui vent hole sehingga menimbulkan korosi pada terminal.

2. Overcharging
Overcharging bisa terjadi saat di unit atau pada saat di charge dengan charger. Pengecharge-an berlebihan akan menyebabkan penguapan yang tinggi dan kenaikan panas pada battery. Penguapan yang berlebih akan melarutkan active material dari battery serta kebutuhan penambahan air akan bertambah. Peningkatan suhu yang berlebih akan menimbulkan oksidasi pada pelat dan membuat pelat battery bergelombang.

3. Undercharging
Kerusakan sistem pengisian pada unit biasanya menjadikan battery undercharging. Undercharging akan membuat asam sulfat dari pelat battery akan mengeras dan sulit untuk dikembalikan ke posisi semula, selain itu juga akan membuat electrolyte battery rusak karena mudah membeku. Battery yang dalam kondisi undercharge tidak dapat digunakan untuk men-start engine.

4. Corrosion
Tumpahnya electrolyte dan kondensasi dari proses penguapan akan menyebabkan korosi pada terminal, connector dan bahan-bahan logam dari bracket battery. Korosi akan menyebabkan kenaikan tahanan sehingga akan mengurangi tegangan yang dialirkan serta efektifitas charging system.

Baca Juga :  Letak Dan Fungsi Drill Feed Panel DM45

5. Cycling
Proses charging dan discharging yang terjadi secara berulang akan menyebabkan active material dari pelat positif battery lepas. Kejadian bahan aktif pelat positif battery yang lepas dari pelatnya akan menurunkan kapasitas battery dan pada akhirnya akan mengurangi umur battery.

6. Temperature
Kenaikan temperatur dari battery bisa disebabkan karena battery mengalami overcharge atau karena engine mengalami overheat. Kenaikan suhu tersebut akan mempercepat umur battery. Temperature yang terlalu rendah juga akan menyebabkan electrolyte battery menjadi mudah membeku.

Pada suhu 00F (-17.80C) sebuah battery dengan kondisi full charge hanya mampu mengirimkan arus sebesar setengah atau bahkan kurang di bandingkan dengan pada kondisi normal (26.70C). Pada saat yang sama (00F) atau -17.80 C, engine yang dalam kondisi dingin membutuhkan tenaga dua kali lebih banyak jika dibandingkan dengan kondisi normal.

Electrolyte dalam kondisi full charge baru dapat membeku pada suhu – 600F (-77.80 C) atau dibawahnya, sedangkan apabila dalam kondisi fully discharge atau dalam kondisi tidak bermuatan sama sekali akan lebih mudah membeku yaitu pada suhu 17.80F (00C).

7. Vibration
Battery harus diikat sekencang mungkin supaya tidak bisa bergerak dari dudukannya. Vibrasi dari battery akan menyebabkan lepasnya connector, retak pada case-nya dan kerusakan pada komponen dalam battery.

8. Kekencangan Terminal
Kekencangan terminal battery perlu diperhatikan secara periodik. Connector yang kendor akan mengakibatkan koneksi yang tidak baik. Apabila connector tersebut kendor pada saat dibutuhkan arus yang besar (saat men start engine) maka akan mengakibatkan bunga api sehingga pada akhirnya akan merusak connector dan terminal battery itu sendiri.

Jika kita memilih connector yang terlalu besar dibandingkan dengan terminal battery sehingga kekencangan sebuah connector dipaksakan dengan menambah pelat dan sebagainya akan mengakibatkan penyaluran arus menjadi jelek. Akibatnya adalah sama yaitu muncul bunga api pada saat digunakan men-start engine.

Baca Juga :  Spesifikasi Battery Yang Dipakai Pada Alat Berat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.